split ac

Air conditioner (AC) adalah alat elektronik yang paling banyak mengkonsumsi listrik saat hari panas. Sebab memang menyenangkan berada di ruang AC saat cuaca panas, dan susah untuk tidak menggunakan alat ini.

Apalagi di masa sekarang lebih banyak orang beraktifitas di dalam rumah, penggunaan AC yang nonstop terus menerus bisa bikin tagihan listrik jebol

Nah berikut tips biar tetap dapat nyamannya AC dan tetap hemat listrik

1. Mematikan AC, Kemudian menyalakan AC

Anda mungkin mengira kebiasaan mematikan AC saat ruangan sudah dingin, kemudian menyalakan lagi saat terasa panas adalah cara hemat AC. Padahal itu sangat salah. Kebiasaan off/on seperti itu membuat daya listrik naik tinggi saat menghidupkan.

Jadi solusinya bila AC sudah terlalu dingin,Cukup menaikkan suhu saja, kemudian setel daya kipas ke mode medium hingga suhu udara kembali nyaman. Tidak perlu mematikan dan menghidupkan kembali dari awal.

2. Mengubah suhu jadi lebih tinggi saat tidur dan matikan sejam sebelum bangun

Saat tidur, suhu tubuh cenderung turun. Dan jika Anda sering kedinginan saat bangun tidur selama menggunakan AC, maka disarankan untuk mengatur suhu AC pada 25 – 28 derajat celcius saja.

Anda bisa menggunakan timer untuk mendapatkan ketepatan suhu dan tetap mendapatkan kenyamanan tanpa perlu kedinginan disaat tidur.

3. Menaikkan Suhu 1 Derajat Celcius bisa Menghemat 10 Persen Listrik

Pada umumnya suhu dalam ruang berkisar antara 25 – 28 derajat celcius adalah suhu yang nyaman bagi kebanyakan orang. Jadi gunakan AC pada suhu sekitar itu. Terlalu dingin juga tidak akan nyaman..

Suhu rendah menyebabkan kompresor AC membutuhkan tenaga extra untuk bekerja. Dalam beberapa studi, disebutkan bahwa menurunkan suhu satu derajat celcius bisa menghemat 7 hingga 10 persen pemakaian listrik.

4. Cabut Saat Tak Digunakan

Saat benda elektronik masih menancap pada colokan listrik, ternyata itu tetap menyedot listrik. Cobalah untuk mencabut colokan saat elektronik tidak digunakan. Terutama AC karena memiliki daya yang biasanya tinggi. Jika Anda rutin mampu melakukan ini kan benar benar bisa menghemat pengeluaran biaya listrik

5. Servis AC secara rutin

Untuk mendapat performa AC lebih baik, coba aktifkan air supply mode dan biarkan AC menyala hingga empat jam untuk memungkinkan bagian dalam AC kering sempurna. Ini dilakukan untuk memastikan gerakan halus saat AC dinyalakan di kesempatan berikutnya.

Dan service AC secara rutin untuk membersihkan semua kotoran, filter agar AC selalu berjalan baik. Service rutin akan lebih menghemat daripada service hanya saat rusak.