Pilih Laman

Pendingin udara, Penyejuk udara, penyaman udara, pengkondisi udara, erkon, atau AC ( dalam bahasa Inggris: Air Conditioner) adalah serangkaian sistem atau mesin yang dirancang guna menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan sesuai selera – rekayasa lingkungan)

Pada umumnya kegiatan ini menggunakan siklus refrigerasi namun kadang juga menggunakan teknik penguapan (evaporative cooling), biasanya dipakai di gedung-gedung dan kendaraan bermesin

Konsep pendingin udara menurut sejarahnya ternyata telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia pada abad pertengahan. Sementara pendingin modern muncul pada abad 19 seiring  dari kemajuan dalam ilmu kimia, dan pendingin udara dengan skala besar memakai listrik pertama ditemukan dan pakai pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Perkembangan Pendingin Udara

Pada zaman Romawi kuno

Di masa itu air disalurkan melalui terowongan air dan diedarkan memalui dinding rumah-rumah tertentu untuk mendinginkan rumah mereka.

Persia abad pertengahan

Tidak jauh beda dengan teknik yang dipakai di persia pada masa Romawi kuno, mereka menambah tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas berlangsung.

sejarah AC 

Gambaran sederhana siklus pendinginan. 1: kondensor, 2: katup ekspansi, 3: evaporator, 4: kompresor.

AC di jaman Sekarang

Seiring perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik.

Inverter dan Plasmacluster merupakan teknologi yang saat ini digunakan oleh produsen AC. Inverter dikatakan dapat menghemat energi lebih dari 10%. Sementara teknologi Plasmacluster dirancang dapat membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan.