Pilih Laman

Penumpukan jamur dan bakteri di dalam saluran AC menyebabkan hembusan AC akan menyebarkan bau Gas dari bakteri atau jamur bisa menjadi penyebab penyakit dan itu berbahaya untuk kesehatan manusia kesehatan manusia. Semua AC bekerja dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin begitu pula sebaliknya. Proses ini menimbulkan kondensasi dan pembentukan tetesan kecil air dalam unit AC. Seharusnya tetesan air ini mengalir keluar melalui saluran AC, tetapi kadang kelembaban dan sisa air menyebabkan bakteri dan jamur tumbuh di dalam saluran AC. Hal inilah yang menyebabkan bau busuk pada AC Anda, mirip dengan bau kaus kaki kotor lama tidak dicuci. Jika sudah demikian tentu ini tanda bahwa AC perlu dicuci

Tips professional tukang servis AC: Jika Anda melihat ada akumulasi warna hijau tua kehitaman pada pipa dan saluran AC maka itu adalah jamur. Untuk mencegah nya maka lakukan pembersihan saluran AC secara berkala.

Selain jamur, filter dan evaporator yang banyak debu dan lama tidak dibersihkan juga bisa menjadi sumber bau AC. Debu yang menumpuk pada bagian AC ini akan menghalangi hembusan udara bersih dan ini tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena filter dan evaporator itu jangan lupa untuk dibersihkan secara teratur, atau juga mungkin diganti filternya

Kadangkala Serangga, cicak, dan bahkan tikus bisa saja masuk ke dalam ruangan gelap AC dan terjebak tak bisa keluar, sehingga mereka mati dan mulai membusuk di dalam AC. Hewan mati menyebabkan bau busuk keluar saat AC dinyalakan. Jika Anda kedapatan bau seperti ini, maka jangan buang waktu untuk memanggil teknisi AC, karena hewan yang mati di dalam AC dapat merusak AC dan menyebarkan penyakit.  

Ruangan ber-AC sering dipakai merokok 

Bau yang tidak sedap dari rokok mungkin saja dihisap oleh blower indoor AC yang berada di luar ruangan. Sekalipun AC dimatikan, merokok di ruangan yang dipasang AC tetap menjadi masalah karena asap rokok yang beracun bisa menempel di berbagai benda di ruangan tersebut, dan menyebabkan ruangan berbau tidak sedap. Sebisa mungkin jangan pernah merokok di ruangan ber-AC dan coba pilih ruangan yang tidak dipasang AC atau lebih baik di luar rumah. Sebab merokok di dalam ruangan yang ber-AC sangat tidak disarankan karena menimbulkan bau tak sedap dan membuat udara di dalam ruangan jadi tidak sehat. 

Ruangan terlalu lembab biasanya juga menyebabkan AC berbau tidak sedap. Sekalipun AC perlu ruang tertutup, namun ada baiknya ruangan tetap diberi ventilasi untuk dibuka saat AC tidak dinyalakan, ini penting untuk mengurangi kelembaban, sirkulasi udara yang baik akan memuat AC bekerja dengan wajar dan lebih baik untuk kesehatan. 

Jika di ruangan itu ada pengharum udara, maka layak diperiksa secara rutin. Pengahrum ruangan yang kadaluarsa bisa menjadi apek jika tidak diganti atau buang. Apalagi dihembuskan oleh AC

Penyakit umum AC lainnya adalah Freon AC bocor, Freon yang bocor bisa menghasilkan bau yang tidak sedap dan juga mengakibatkan AC jadi boros sebab freon cepat habis. Akibatnya AC tak lagi bisa mengeluarkan udara dingin. Untuk mengatasi masalah AC yang bau karena freon yang bocor, cara terbaiknya adalah menghubungi teknisi AC untuk mengatasi kebocoran tersebut.

Untuk mendapatkan pelayanan dan pilihan AC bagus bisa hubungi tukang service AC berikut tukangservisac.com