Pilih Laman

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa freon adalah senyawa kimia yang berfungsi mendinginkan ruangan. Freon sebagai komponen utama pada AC membantu mendinginkan ruangan apalagi bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis Indonesia. AC sudah seperti menjadi benda wajib. Namun tahukah Anda bahwa freon memiliki beberapa jenis.? Senyawa kimia yang tidak berbau ini Terdiri dari berbagai jenis, mulai dari kadar tinggi hingga rendah karena diciptakan sesuai dengan fungsinya yang beragam, freon dikelompokkan ke dalam beberapa kelas berdasarkan jenis fluida yang digunakan. Jenis-jenis tersebut antara lain HCFC (Hydrochlorofluorocarbon), CFS (Chlorofluorocarbon), HC (Hydrocarbon), HFC (Hydrofluorocarbon), dan jenis natural yang langsung dipakai dari alam.

Walau freon tidak terlihat dan berbau tetap perlu kehati hatian dalam menggunakan, sebab freon yang secara langsung terlepas di udara bisa menjadi racun bagi manusia. Untuk itu perlu dipastikan saat instalasi AC tidak ada kebocoran Freon

Apa sih bahaya freon AC jika terhirup manusia

Jika freon terhirup maka akan menyebabkan keracunan klorofluorokarbon yang mengakibatkan pembengkakan pada tenggorokan, sesak nafas, sakit tenggorokan, nyeri perut, penglihatan kabur, irama jantung abnormal dan sistem peredaran darah terganggu.

Untuk mendapatkan kenyamanan, pastikan jenis freon yang dipakai pada AC Anda sesuai dengan yang disarankan oleh produsen AC, Apa saja Jenis jenis freon AC, Yuk apa saja perbedaanya?

Freon R22

Freon R22 adalah jenis freon yang tidak mudah terbakar, memiliki potensi pemanasan perusakan ozon 0,05. Jika dibanding dengan jenis freon lainnya yang nilai perusakannya 0. 

Karena ini memiliki potensi merusak maka sekarang sudah tidak di ijinkan lagi di produksi di Indonesia sejak 2015 Termasuk impor dan menjualnya. Hal ini sudah dituangkan dalam peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) 

Freon R410A

Freon AC ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. Freon R410A ini tidak memiliki potensi perusakan ozon. Berbeda dengan R22. Freon ini juga tidak mudah terbakar, jauh lebih aman.

Freon R32

Freon R32 ditemukan oleh Daikin Jepang pada 2012, dan mulai ramai di pakai di tahun 2013. Freon Jenis ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A. Freon jenis ini masih aman untuk digunakan untuk AC rumah tangga. Walau dibilang mudah terbakar

Freon R290

Dibanding ketiga jenis freon di atas, Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah. Tapi karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, maka jarang perusahaan besar memakai jenis freon ini.

Lantas, jenis freon AC apa yang Anda gunakan saat ini?

Jika anda ragu dengan kesesuaian jenis freon AC yang anda gunakan, konsultasikan dengan teknisi tukangserviac.com yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Kirimkan permintaan Anda memalui WA tukangservisac.com untuk segala masalah AC Anda, mulai Cuci AC, pengecekan AC, service AC standar, isi/ tambah freon ac, sampai perbaikan AC Bocor atau AC dengan kerusakan parah.