Pilih Laman

Pendingin udara atau AC (Air Conditioner) saat ini ada 7 macam. Dahulu AC menjadi barang mewah, namun sekarang AC sudah seperti menjadi kebutuhan bagi masyarakat, selain karena makin murah dan makin banyak varian.

Didukung cuaca yang semakin panas, kini AC banyak dijumpai di berbagai tempat umum seperti bank, perkantoran, sekolah, warnet, kampus hotel hingga rumah pribadi.

Sebelum Anda memasang AC, ada baiknya mengetahui 7 jenis AC ini, agar bisa mendapatkan kenyamanan yang optimal.

  1. Jenis AC Sentral

Pada bangunan besar seperti gedung, hotel, mall dll. Jenis AC yang dipakai biasanya AC Sentral. Kenapa demikian? sebab jenis AC ini bekerja dengan cara mendinginkan udara suatu ruangan atau bangunan pada cooling plant yang berasal dari luar. Lalu, udara yang sudah didinginkan tadi akan dialirkan kembali ke dalam ruang atau bangunan tersebut.

2. Jenis AC Split Wall

Jenis AC yang kedua adalah AC split wall atau AC standard biasanya hanya memiliki daya listrik kurang lebih dari 800 watt. Dan ukurannya lebih kecil daripada AC sentral. AC ini merupakan jenis AC yang paling umum dipakai dalam rumah, kantor, perusahaan dan tempat tempat umum lainnya di Indonesia. Selain itu perawatannya yang cukup mudah dan murah.

Jenis AC Split Wall terbagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Indoor adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin, sedangkan outdoor merupakan tempat di mana mesin AC berada. Umumnya, bagian outdoor dari AC jenis ini sengaja diletakkan di luar ruangan karena memiliki blower yang bekerja mengeluarkan panas, dan blower tersebut saat bekerja mengeluarkan suara yang agak bising.

3. Jenis AC Inverter

AC Inverter merupakan pengebangan dari AC split wall yang lebih canggih, dilengkapi dengan inverter dan banyak bekerja secara otomatis, sehingga mampu mengatur kinerja kompresor sesuai kebutuhan. AC jenis ini lebih canggih dan lebih mahal. Namun banyak kemyudahan yang didapatkan, bisa bekerja mengatur suhu ruangang secara otomatis

AC ini bekerja dengan mengubah arus listrik dari PLN menjadi DC, kemudian kembali diubah menjadi AC. Otomatis, frekuensinya diatur oleh suhu yang tengah tersedia di dalamnya. Pada saat suhu ruangan sudah dingin, sensor pintar dari AC ini mampu mengatur arus listrik yang dipakai dan membuat putaran kompresor lambat. Dengan cara demikian maka Anda bisa menghemat lebih banyak listrik

4. Jenis AC Standing Floor

Berikutnya  jenis AC standing floor. jenis AC ini mempunyai bentuk unit indoor berdiri dan portable sehingga dapat dipindahkan penempatannya sesuai dengan kemauan Anda.

Jenis AC standing floor ini memiliki sistem pendingin yang terletak di bagian dasar bawah mesin dan mampu mengeluarkan panas melewati ventilasi pada dinding terluar. Kapasitas AC 1 sampai 5 PK, biasanya AC standing floor atau portable ini digunakan dalam acara-acara besar seperti pernikahan, pameran outdoor dan masih banyak lagi.

5. Jenis AC Cassette

Jenis AC cassette umumnya dipasang menempel di plafon langit-langit sebuah ruangan.Kalau Anda berjalan di mall atau kantor ada AC kotak di tengah ruangan, Ukuran PK dari AC ini dimulai dari dari 1,5 PK – 6 PK.

Karena lokasi pasang yang berada di langit langit atau atap, AC ini tidak mudah untuk dipasang, perlu tenaga khusus yang bisa memasang dengan rapi

6. Jenis AC VRV

Jenis AC Variable Refrigerant Volume atau VRV. VRV sendiri adalah sebuah teknologi kompresor inverter yang dilengkapi dengan CPU. AC VRV sangat handal dan memiliki efisiensi energi melebihi banyak aspek dari jenis AC sentral hingga split.

Dengan sistem VRV, maka satu outdoor dapat digunakan untuk lebih dari dua indoor dan juga mampu mengatur jadwal serta temperatur yang Anda inginkan. Soal harga memang lebih mahal. Tapi sangat worthed dengan efisiensi yang akan Anda dapatkan

7. Jenis AC Window

AC Window hanya terdiri dari 1 bagian saja, tidak ada outdoor indoor. Kapasitas AC Jenis window sangat kecil 0,5 PK hingga 2,5 PK saja, dan teknologinya jauh dibanding AC modern karena tidak praktis. AC ini sudah tidak diproduksi lagi dan tidak bisa mencari yang baru. Alias sudah langka

AC window tidak memiliki remote, tetapi tombol yang menyatu dengan unit AC, sehingga tidak praktis

Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda agar lebih cermat untuk memilih jenis AC yang tepat. Salam dingin..

Untuk hasil pemasangan AC yang baik dan rapi, hubungi tukang service AC terpercaya atau di link berikut ini tukangservisac.com